Untuk Jualan Layanan Awan Google Menggunkan Blockchain

Google dilaporkan mulai merambah bisnis blockchain dengan menciptakan lini teknologi terkait blockchain, yang dapat berfungsi dengan berbagai layanan online miliknya.

Untuk Jualan Layanan Awan Google Menggunkan Blockchain

Teknologi blockchain ini digunakan untuk mendayai mata uang kripto seperti Bitcoin, namun tak mengembangkan mata uang kripto baru.

Google juga dilaporkan tengah berupaya mengembangkan panduan digital miliknya sendiri yang akan digunakan secara internal untuk berbagai tujuan, seperti membantu mengamankan data personal pengguna layanannya.

Selain penggunaan internal, Google juga berencana untuk mendistribusikan panduannya kepada pihak ketiga, sehingga dapat digunakan untuk mengunggah serta memverifikasi transaksi. Google juga berencana menciptakan versi label putih yang dapat digunakan perusahaan lain pada server mereka.

Sejumlah pegawai grup infastruktur Google tengah mengembangkan teknologi blockchain selama beberapa bulan terakhir.

Sumber internal Google menyebut bahwa sejumlah pegawainya percaya bahwa lini layanan cloud raksasa teknologi ini sesuai untuk teknologi blockchain, meski Google belum siap mengeluarkan pengumuman apapun.

Namun, perwakilan Google mengonfirmasi bahwa Google tengah berinvestasi pada teknologi ini. Peningkatan popularitas teknologi blockchain menghadirkan peluang serta tantangan untuk pemimpin industri seperti Google.

Di satu sisi, bila dimanfaatkan dengan benar, teknologi ini mampu memberikan Google cara lebih aman untuk menyimpan data pengguna.

Hal tersebut dinilai dapat menjadi keuntungan baik bagi Google, maupun bagi pelanggannya. Kekurangan dari peningkatan teknologi baru ini memudahkan startup untuk dapat berkompetisi dengan Google atau membahayakan kepemimpinannya di pasar.

Serupa dengan perusahaan pemain lama lainnya, Google dapat membeli startup yang menjadi pesaingnya. Pada tahun 2017 lalu, Google berinvestasi dalam jumlah besar pada startup dengan spesialisasi di teknologi blockchain serta panduan digital.