Terungkap, Buffon Hampir Pindah ke Barcelona

Ada fakta mengejutkan, ternyata Barcelona pernah mencoba mendatangkan Gianluigi Buffon pada 2001. Tawaran dari La Blaugrana ditolak oleh agen sang pemain karena Buffon sudah mencapai kata sepakat dengan Juventus.

Barcelona mencoba untuk mengontrak Gianluigi Buffon saat sang pemain masih membela Parma. Akan tetapi, dia sudah setuju untuk bergabung dengan Juventus.

Perwakilan dari Blaugrana melakukan perjalanan ke Parma pada awal 2001 untuk memantau kondisi Buffon. Mereka juga mencoba membujuk eks tim nasional Italia untuk mau bergabung ke Camp Nou.

Sebuah laporan di El Mundo Deportivo merinci pertemuan di mana pemain internasional Italia tersebut mengatakan kepada delegasi Barca: “Saya minta maaf, terima kasih atas tawarannya, tapi saya sudah mencapai kesepakatan dengan Juventus.”

Laporan tersebut juga mengklaim Buffon mengirim sebuah lelucon, kiper tersebut menyerahkan kartu pos Italia dengan kata-kata: “Dengan semua cintaku kepada Presiden Joan Gaspart.”

Buffon yang saat itu masih berusia 23 tahun, mengaku memang mendapat tawaran dari Barcelona sebelum gabung Juventus. Akan tetapi, ayahnya memberikan masukan agar dirinya bergabung dengan La Vecchia Signora.

Selama 16 tahun bermukim di Juventus, nama Buffon kian melegenda dan saat ini masih dipercaya sebagai kiper utama dan kapten tim. Bersama The Old Lady, dia mengumpulkan delapan Scudetto, satu gelar Serie-B, tiga Coppa Italia, dan lima Piala Super Italia.