Situs Siri Dan Spotlight Gunakan Google

Jakarta – Apple tak lagi menggunakan Bing sebagai mesin pencari (search engine) agar dapat hasil pencarian Siri di iOS serta Spotlight di macOS.

Sebagai gantinya, Apple menggunakan mesin pencari Google, lapor TechCrunch. Perubahan itu sudah mulai digulirkan pada para pengguna iPhone serta Mac.

Situs Siri Dan Spotlight Gunakan Google

“Menggunakan Google sebagai penyedia hasil pencarian di Siri, Search dalam iOS serta Spotlight di Mac membuat kedua layanan itu bisa memberikan pengalaman pencarian internet seperti konsisten, sama sama dengan default dari Safari,” kata Apple dalam sebuah pernyataan resmi.

Namun, Apple masih menggunakan Bing sebagai mesin pencari default agar dapat melakukan pencarian gambar baik pada Siri atau Spotlight.

Sementara ini, pencarian video akan tetap ditangani oleh YouTube. The Verge menyebutkan, tampaknya, alasan Apple agar dapat menggulirkan perubahan itu sekarang adalah sebab hari itu bertepatan dengan peluncuran macOS High Sierra.

Alasan Apple mengambil langkah itu adalah sebab Google telah membayar miliaran dollar AS agar dapat tetap sehingga mesin pencari utama pada perangkat buatan Apple.