Program Mudik Gratis di Apresiasi Oleh Para Paguyuban Perantau

Kementerian Perhubungan menggelar kembali program mudik gratis pada musim angkutan lebaran 2018. Tak hanya menyediakan angkutan orang, Kemenhub juga menyiapkan angkutan khusus sepeda motor.

Program Mudik Gratis di Apresiasi Oleh Para Paguyuban Perantau

Ketua Umum Paguyuban Perantau Nusantara Agus Hidayanto mengapresiasi program mudik yang setiap tahun digelar oleh pemerintah. Menurut dia, program mudik gratis cukup membantu masyarakat terutama bagi mereka yang tak mampu membeli tiket mudik reguler.

“(Program mudik) sudah cukup baik sebab tak semua perantau sukses di perantauan. Ada yang sudah 12 tahun tak mudik dengan program ini bisa mudik, jadi sangat membantu sekali,” katanya, dalam Selamat Pagi Indonesia, Senin, 26 Maret 2018.

Agus mengatakan program mudik tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, terutama dari total kuota yang disediakan oleh pemerintah.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, total kuota mudik gratis untuk angkutan orang pada 2018 adalah 87.250 orang. Jumlah ini naik hampir dua kali lipat dari angkutan mudik sebelumnya yang hanya disediakan untuk 46.885 orang.

Sementara itu, khusus bagi pemudik sepeda motor, pemerintah menyediakan kuota angkutan mudik 2018 sebanyak 39.446. Jumlah ini pun naik dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar 19 ribu unit.

“Mudik kali ini jangkauannya luar biasa, kalau bisa jangan lagi pakai motor. Fasilitasnya sudah ada tinggal dimanfaatkan saja,” kata dia.

Melansir Antara, program mudik gratis 2018 akan berlangsung selama 13 hari dengan rincian arus mudik dilaksanakan selama enam hari mulai 8-13 Juni 2013 serta arus balik selama tujuh hari dimulai pada 19-25 Juni 2016.

Pendaftaran mudik gratis secara langsung bisa dilakukan di stasiun-stasiun yang telah ditunjuk. Sesertagkan pendaftaran daring, masyarakat bisa mengakses situs mudikgratis.dephub.go.id sejak 9 Februari 2018 sampai dengan 24 Juni 2018.