Penyakit Kusta Merebak di Depok

Puluhan warga Kota Depok, Jawa Barat, menderita penyakit kusta. Dari catatan Dinas Kesehatan Kota Depok sudah 43 orang yang terjangkit penyakit menular yang disebabkan kuman Mycobacterium Leprae itu. Ironisnya, 14 orang di antaranya anak-anak.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Noerzamanti Lies Karmawati mengimbau penderita segera datang ke Rumah Sakit atau Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) terdekat untuk menekan penularan.

Penyakit Kusta Merebak di Depok

“Lebih cepat lebih baik, “ kata Liez di Depok, Senin 23 Oktober 2017.

Kusta bukan penyakit keturunan. Penyakit ini dapat menyerang semua usia. Namun, anak-anak lebih rentan terjangkit.

Menurut Liez, kusta merupakan penyakit kronis yang membutuhkan pengobatan lama, antara 6 hingga 12 bulan. Kuman Mycobacterium Leprae menular melalui pernapasan ke kulit.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Depok Rani Martina mengatakan sebanyak 16 penderita kusta dirawat di Puskesmas Limo. Selanjutnya, Puskesmas Cipayung 14 orang dan Puskesmas Bojongsari (10 orang). Sisanya dirawat di rumah sakit khusus.

Tiga tahun terakhir, penderita kusta di Kota Depok naik-turun. Rinciannya, pada 2015 terdapat 57 penderita Kusta. Pada 2016 bertambah menjadi 97 kasus. Dan pada 2017, sampai Oktober, terdata ada 43 kasus. Total sudah ada 197 penderita Kusta.

“Angkanya mungkin bisa bertambah karena sebagian dari penderita enggan mendiagnosis penyakitnya ke rumah sakit atau puskesmas,” katanya.