Pengunduran Diri Folger Sangat Mengejutkan Tim Monster Yamaha

Manajer Tim Yamaha Tech 3, Herve Poncharal mengaku terkejut dengan pengunduran diri Jonas Folger. Kini ia sedang berpikir keras untuk mencari pendamping Johann Zarco.

Pengunduran Diri Folger Sangat Mengejutkan Tim Monster Yamaha

Folger menyatakan mundur lantaran penyakit Sindrom Gilbert yang dialaminya. Keputusan mengejutkan itu datang melalui akun twitter-nya, sepekan sebelum tes pramusim MotoGP dihelat di Sepang.

“Selasa saya menerima telepon dari Bob Moore, manajer pribadi Jonas Folger. Saya tidak percaya apa yang Bob katakan kepada saya di telepon, bahwa Jonas Folger telah memutuskan untuk tidak balapan pada musim MotoGP 2018,” ujar Poncharal.

Poncharal sangat menyayangkan kalau Folger harus absen. Pasalnya pembalap berusia 24 tahun itu adalah satu dari dua rookie Monster Yamaha yang tampil memukau pada kompetisi musim lalu.

“Ia menyatakan kalau Folger tidak merasa 100 persen pulih secara mental dan fisik. Masih sulit bagi saya untuk percaya, bahwa dia tidak akan berlomba bersama kami pada 2018,” sambungnya.

“Dia adalah seseorang yang sangat saya percaya dan saya yakin kami akan mencapai tingkat teratas bersamanya tahun ini. Saya benar-benar menghormati keputusannya, meski sulit ditelan,” terang Poncharal.

Yamaha Tech3 adalah tim satelit teratas pada 2017, dengan rekan setimnya Folger dan rekannya Zarco meraih tiga podium dan dua pole position dalam perjalanannya dalam enam musim di MotoGP.