Pada Hari Ke3 Yamaha Mulai Bangkit

Tes pramusim MotoGP di Sirkuit Internasional Losail, Qatar telah selesai pada Minggu 4 Maret dini hari WIB. Perhelatan hari terakhirnya berlangsung makin menarik sebab sekaligus juga agar dapat menjajal lintasan dalam kondisi basah.

Pada Hari Ke3 Yamaha Mulai Bangkit

Simulasi balapan basah hanya berlangsung sekitar sejam, yakni pada pukul 08.00 – 09.00 malam waktu set4. Meski tergolong singkat namun para pembalap maupun penyelenggara dapat bereksperimen dengan baik.

Pembalap Suzuki Ecstar, Andrea Iannone, harus absen pada hari terakhir sebab perutnya bermasalah. Kendala itu sangat disayangkan terjadi sebab Iannone s4 menjadi yang tercepat pada tes pramusim hari ke2.

Para pembalap yang menggunakan motor Yamaha YZR-M1 dapat dibilang mampu mendominasi hari terakhir. Sebab, terdapat 3 pengendaranya yang berada di urutan 5 besar.

Valentino Rossi yang tak menonjol pada hari sebelumnya, sudah tampil lebih baik. Kini, Rossi membuat kejutan dengan menjadi pembalap tercepat ke2. Tren positif Rossi diikuti juga oleh rekan setimnya, Maverick Vinales, yang berada di peringkat 5.

Meski kecepatan Rossi serta Vinales sudah membaik, namun ke2 pembalap Movistar Yamaha itu tetap saja kalah cepat dengan Johan Zarco yang berasal dari tim Monster Tech3 yang merupakan tim satelit Yamaha itu sendiri.

Zarco yang berasal dari Prancis menjadi yang tercepat dengan mengukuhkan waktu 1 menit 54.029. Selain Rossi serta Vinales, Zarco juga tampil lebih baik ketimbang Andrea Dovizioso, Cal Crutchlow, hingga sang juara bertahan, Marc Marquez.

Seluruh pembalap maupun timnya diprediksi tak langusng meninggalkan Qatar seusai sesi tes pramusim. Besar kemungkinan mereka masih menetap di sana sebab seri pertama MotoGP 2018 akan bergulir di t4 yang sama pada 16-18 Maret mendatang.