KA Bandara tak Akan Ganggu Operasional Commuter Line Menurut PT Railink

PT Railink yakin operasional Kereta Api Bandara Internasional Soekano Hatta tidak menggangu operasional Commuter Line.
Humas PT Railink Indonesia Diah Suryandari menyebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan PT Kereta Commuter Indonesia.

KA Bandara tak Akan Ganggu Operasional Commuter Line Menurut PT Railink

“Untuk penanganan kapasitas lintas, KAI Grup sudah melakukan banyak diskusi, salah satunya penambahan gerbong,” kata Diah saat dihubungi Medcom.id di Jakarta, Kamis, 30 November 2017.

Dia menuturkan kereta api bandara sudah memiliki jadwal keberangkatan sejak awal tahun ini. Sebagai antisipasi, kereta commuter akan menambah kapasitas angkut mereka dengan penambahan gerbong.

Satu rangkaian kereta commuter umumnya membawa delapan hingga sepuluh gerbong. Namun, kata Diah, gerbong tersebut akan ditambah menjadi 12 untuk menampung penumpang yang hendak menggunakan jasa kereta commuter.

“Jadi harusnya enggak ada issued tentang kapasitas lintas,” tegas dia.

Diah belum bisa memastikan kapan kereta api bandara mulai beroperasi. PT Railink Indonesia sebagai operator masih menunggu arahan dari pemerintah. Tapi, ia memastikan, persiapan dalam menjalankan operasional kereta telah rampung.

“Pihak kami sudah siap, kami sudah melakukan berbagai uji coba operasional, kereta kami sudah siapkan 10 kereta, tinggal menunggu arahan,” jelas Diah.

Untuk tahap awal, PT Railink akan melayani keberangkatan dari Stasiun Sudirman Baru menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Tarif kereta dipatok seharga Rp100 ribu.

Setidaknya ada 82 jadwal keberangkatan kereta api bandara dalam sehari. Keberangkatan ini didukung oleh 7 rangkaian kereta.

“Kemarin kan ada arahan dari Pak Menhub agar uji coba operasional kita ada diskon. Kalau tidak salah statement beliau, Rp20 ribu sampai Rp30 ribu itu ya. ya kami ikut aja arahannya,” jelas Diah.

Sebelumnya, pengoperasian Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta akan berdampak pada perjalanan Commuter Line, khususnya di lintas Duri-Tangerang. PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyebut 10 perjalanan lintas Duri-Tangerang akan dihilangkan.

“Penyesuaian jadwal sekitar 10 perjalanan. Nanti informasi pasti terkait penyesuaian jadwal detailnya akan kami infokan selanjutnya. Masih dikoordinasikan,” kata Vice President Communication PT KCI Eva Chairunissa, Rabu, 29 November 2017.