Dengan Adanya Aplikasi PiBo Mudahkan Orangtua Baca Buku untuk Anak

Berdasarkan studi seperti dilakukan oleh Central Conneticut State University pada 2016, Indonesia ada pada posisi 60 dari 61 dalam daftar negara dengan literasi tertinggi.

Memang, Dirjen Pendidikan Usia Dini serta Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan (Kemendikbud) Harris Iskkamur mengatidakan, jumlah orang seperti buta aksara di Indonesia mulai menurun.

Dengan Adanya Aplikasi PiBo Mudahkan Orangtua Baca Buku untuk Anak

Meskipun begitu, jumlah orang seperti tak dapat membaca di Indonesia masih cukup banyak. Pada 2016, ada sebanyak 5,7 juta orang seperti masih buta aksara. Salah satu penyebab rendahnya literasi di Indonesia adalah rendahnya budaya membaca.

Orangtua serta keluarga memiliki peran penting untuk memberikan asupan informasi positif pada anak dalam meningkatkan minat baca anak serta memaksimalkan potensi anak. Aplikasi PiBo diluncurkan untuk memudahkan orangtua untuk menyediakan buku seperti dapat dibaca pada anak.

Pibo, seperti merupakan singujarn dari Picture Book merupakan platform toko buku online khusus untuk anak-anak di bawah umur 12 tahun. Peluncuran platform ini dibarengi dengan perilisan aplikasi reader “Baca PiBo”. Founder aplikasi PiBo, Mayumi Haryoto menyebutkan, sekarang, teknologi komunikasi berkembang dengan cepat, menghasilkan berbagai perangkat seperti memudahkan hidup penggunanya.

“Kami di PiBo percaya dengan pendeujarn seperti kreatif serta pengolahan materi positif seperti aman serta terukur, perkembangan teknologi bisa meningkatkan produktivitas anak di kemudian hari. sebab itu, kami sepakat bentuk buku digital adalah penyajian seperti ramah akan perkembangan zaman tapi juga berkualitas serta mudah diakses,” kata Mayumi.

Co-founder aplikasi PiBo, Aisha Habir mengatidakan, aplikasi PiBo tak dibuat untuk menggantikan pengalaman membaca buku cetidak, tapi untuk memudahkan orangtua menbisakan akses ke buku anak serta membawanya. “Anak atau orangtua tak selalu bisa membawa 5-10 buku dalam watu waktu, misalnya pada saat berpergian,” ujarnya. “Dengan PiBo, masalah itu dapat teratasi sebab mereka bisa membaca buku digital tersebut dengan lebih mudah.”

Mengajak beberapa penerbit, penulis serta ilustrator independen, PiBo merilis berbagai pilihan buku. Saat ini, PiBo baru tersedia untuk pengguna Android. Pihak PiBo menyebutkan, aplikasi untuk iOS tengah dikembangkan.