Chrome Terbaru Cegah Putar Video Otomatis

Pada Chrome 64, Google meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat agar video tidak secara otomatis diputar pada situs-situs tertentu.

Chrome Terbaru Cegah Putar Video Otomatis

Pada Chrome 66, perusahaan internet raksasa itu akan membuat persyaratan tertentu yang membatasi video yang akan secara otomatis dimulai ketika pengguna membuka sebuah situs.

Seperti yang disebutkan oleh 9to5Google, pada versi terbaru Chrome nanti, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum sebuah video bisa otomatis dimulai pada sebuah situs.

Salah satunya adalah video itu harus dalam keadaan mute atau tidak memiliki audio. Selain itu, pengguna harus sudah melakukan tap atau mengklik situs ketika dia menjelajah internet.

Situs itu juga harus sudah ditambahkan ke Home Screen oleh pengguna pada mobile atau pengguna terbukti sering memutar video pada situs tersebut saat membukanya melalui desktop.

“Seperti yang kami umumkan sebelumnya, autoplay kini hanya diizinkan jika video tidak mengeluarkan suara, atau setelah pengguna mengklik atau melakukan tap pada situs atau (pada desktop) jika pengguna menunjukkan ketertarikan untuk menonton video pada sebuah situs,” kata Google dalam blog-nya.

“Ini akan menurunkan tingkat video dengan suara yang diputar tanpa izin pengguna ketia dia pertama kali membuka situs.”

Saat ini, Chrome 66 tengah dalam tahap pengujian beta. Kemungkinan, versi terbaru Chrome ini akan diluncurkan dalam beberapa minggu ke depan.

Chrome 66 juga akan menampilkan peringata jika peramban berhenti bekerja atau crash akibat software dari pihak ketiga memasukkan kode yang tidak dipercaya oleh Symantec.