BPOM Jambi Temukan 62.191 Kaleng Sarden Tercemar Cacing

Sebanyak 62.191 kaleng ikan sarden mackerel tercemar cacing di Jambi. Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Jambi telah meminta produsen melakukan penarikan.

BPOM Jambi Temukan 62.191 Kaleng Sarden Tercemar Cacing

Kepala BPOM Jambi Ujang Supriyatna menuturkan, penelusuran dilakukan terutama sarden dengan merek Hoki. Sebab berdasarkan hasil temuan di beberapa distributor diketahui merek tersebut tercemar cacing.

“Kami menemukan 62.191 kaleng merek Hoki, kemudian di Kabupaten Batanghari setelah dicek terdeteksi adanya cacing. Kami akan perdalam lagi atas temuan itu untuk mengetahui jenis cacingnnya,” ucap Ujang dilansir Antara, Sabtu, 24 Maret 2018.

Produk yang mengandung cacing tersebut dipastikan tak layak konsumsi. Efek samping dirasakan konsumen yang sensitif terhadap reaksi alergi atau hipersensitivitas.

Selain olahan sarden Hoki, dugaan pencemaran cacing juga terjadi pada merek Farmerjack dan IO. Tiga Produk tersebut didatangkan secara impor. Penarikan pun dilakukan setelah ditemukan di outlet minimarket yang dijual bebas di tengah masyarakat.

“Kami imbau masyarakat bila menemukan produk tersebut segera melaporkan kepada Dinas Kesehatan setempat atau dapat langsung ke BPOM Jambi biar kami tindak lanjut,” kata Ujang.