8 Manfaat Ajaib Charcoal untuk Kulit Sehat yang Jarang Diketahui

Charcoal atau arang menjadi bahan perawatan kulit yang digemari oleh blogger dan beauty enthusiast. Charcoal dinilai efektif untuk menangani beragam masalah yang berhubungan dengan kulit. Sehingga tepat jika memasukkan charcoal sebagai bahan dari rutinitas kecantikan kamu.

8 Manfaat Ajaib Charcoal untuk Kulit Sehat yang Jarang Diketahui

Charcoal mampu menghilangkan bakteri dari kulit yang membuat kulit terlihat lebih cerah. Banyaknya manfaat yang dimiliki oleh charcoal yang patut kamu coba untuk perawatan kulit. Melansir dari Boldsky, Minggu (25/3/2018), kamu dapat menggunakan charcoal untuk beragam perawatan kulit. Apa saja?

Manfaat charcoal bagi perawatan kulit
Arang
Ilustrasi arang (iStockphoto)
1. Detoksifikasi kulit

Banyak polutan di udara membuat banyak masalah pada kulit. Itulah mengapa penting untuk mendetoksifikasi kulit setiap minggu. Cara terbaik untuk melakukannya adalah menggunakan charcoal sebagai masker wajah di rumah.

2. Membersihkan pori-pori

Kotoran, sel kulit mati, dan racun dapat menutupi pori-pori dan menyebabkan kondisi kulit terganggu. Namun kamu dapat menggunakan charcoal untuk menyingkirkan semua kotoran dan membersihkan pori-pori.

3. Mengobati jerawat

Sifat anti-radang yang terkandung pada charcoal membuatnya menjadi obat untuk jerawat. Aplikasikan charcoal setiap akhir pekan untuk mencegah jerawat timbul.

4. Menyerap minyak berlebihan

Minyak berlebihan membuat kulit kamu tampak berminyak dan menyebabkan berbagai kondisi kulit yang lebih parah. Charcoal akan membuang minyak berlebihan dan membantu kulit tampak segar.

Manfaat charcoal bagi perawatan kulit
Arang
Ilustrasi arang (iStockphoto)
5. Menghilangkan komedo

Komedo kerap kali muncul di T-zone pada wajah. Untuk menghilangkannya, kamu dapat menggunakan charcoal di area yang terdapat komedo. Cobalah menggunakan metode ini setiap minggu untuk mendapatkan kulit bebas komedo.

6. Memperbaiki permasalahan kompleksi pada kulit

Charcoal dapat memperbaiki kondisi kulit yang mengalami beberapa masalah dalam waktu bersamaan. Charcoal dapat mengeluarkan bakteri dan kotoran yang membuat kulit terlihat kurang berkilau. Gunakan charcoal untuk mendapatkan kulit lebih cerah dan bercahaya.

7. Menghilangkan whitehead

Whitehead sendiri termasuk ke dalam jenis jerawat yang terbentuk ketika sel kulit mati, bakteri, dan minyak menyumbat pori-pori. Munculnya whitehead ini dapat membuat kulit tampak bergelombang dan tak sehat. kamu dapat menggunakan charcoal untuk menghilangkan whitehead dan kulit akan halus dalam beberapa menit.

8. Melembutkan kulit

Penggunaan riasan teratur dan paparan kotoran dapat menyebabkan kulit menjadi kasar. kamu dapat menggunakan charcoal untuk memperbaiki tekstur kulit dan membuatnya lembut serta lentur.