7 Jurus Bela Diri yang Harus Diketahui Wanita

Wanita kerap kali dinilai sebagai makhluk yang lemah. Banyak tindak kejahatan yang kerap kali menimpa wanita terutama di situasi yang sepi dan gelap. Oleh karena itu, wanita harus paham bagaimana cara yang tepat untuk melakukan teknik bela diri.

7 Jurus Bela Diri yang Harus Diketahui Wanita

Dilansir dari Brightside pada Jumat (2/2/2018), seorang ahli bela diri dari Victor Lyalko menulis sebuah buku di mana mendeskripsikan teknik paling efektif yang dapat dilakukan wanita sebagai bentuk pertahanan diri. Penasaran teknik pertahanan diri apa saja? Simak informasinya berikut ini

1. Untuk pemula, ingat daerah yang rentan

Tidak masalah seberapa besar atau berat lawan Anda karena Anda bisa mengalahkan siapapun selama Anda tahu titik lemah seseorang dan teknik bela diri yang benar. Diketahui titik lemah manusia terdapat pada mata, hidung, tenggorokan, dada, lutut, dan selangkangan.

Anda dapat menyerang dengan cara apapun namun berada di sisi yang aman. Anda ingat bahwa langkah yang paling efektif adalah memahami di mana titik yang rentan.

2. Pergerakan paling mudah dan paling efektif
20170129-Sima Azimi, Pelatih Wushu Cantik dari Afghanistan-Kabul
Sima Azimi (tengah) berpose bersama anggota kelompok seni bela diri Wushu Afghanistan di puncak bukit Shahrak Haji Nabi, Kabul, 29 Januari 2017. Sima Azimi adalah wanita pertama dari Afghanistan yang menjadi pelatih seni bela diri Wushu (WAKIL KOHSAR/AFP)
Salah satu gerakan terbaik yang akan melemahkan lawan adalah meraih pergelangan tangannya. Ambil jari kelingking dan jari manis dengan satu tangan, sedangkan tangan lainnya mengambil jari tengah dan jari telunjung. Kemudian tekuk pergelangan tangannya.

Jika Anda kesulitan mengambil pergelangan tangannya, pukul lawan dengan kepalan tangan atau remas selangkangannya. Ini adalah paling efektif untuk melemahkan lawan karena butuh waktu lama bagi lawan untuk mengembalikan kesadarannya.

3. Jika Anda ditangkap dari depan

Gerakkan tangan Anda ke depan dan buat kepalan tangan di depan panggul Anda sehingga tercipta sebuah ruang. Kemudian gunakan dahi Anda untuk menekan hidung lawan sekeras mungkin. Terakhir, gunakan lutut Anda untuk menekan selangkangannya.

Jika masih ada ruang yang cukup antara Anda dengan lawan, luruskan lengan kiri Anda dan tekan dagu serta hidung lawan dengan tangan kanan Anda. Ini akan membuat lawan disorientasi dalam waktu yang lama.

4. Cara melepaskan tangan dari lawan

Anda bisa melepaskan diri dari lawan dengan memutar lengan Anda ke sisi telapak lawan. Kemudian tekuk pergelangan tangan dan hentak sekencang mungkin.

5. Jika Anda ditangkap dari belakang
20170129-Sima Azimi, Pelatih Wushu Cantik dari Afghanistan-Kabul
Sima Azimi (20) memperlihatkan jurus dengan pedang saat latihan wushu bersama muridnya di puncak bukit Shahrak Haji Nabi, Kabul, 29 Januari 2017. Sima Azimi menguasai sieni bela diri wushu saat tinggal sebagai pengungsi di Iran. (WAKIL KOHSAR/AFP)
Ini menjadi cara paling mudah bagi penjahat untuk menahan Anda karena Anda cenderung tidak bisa bergerak.

Untuk meloloskan diri, cepat tekuk punggung Anda ke arah belakang dan memukul penjahat dengan bagian belakang kepala Anda. Selanjutnya, buat salah satu kaki penjahat terhempas ke depan.

Kemudian bungkukkan badan Anda ke depan, tarik kakinya sembari Anda kembali menegakkan punggung Anda. Penjahat akan kehilangan keseimbangan.

6. Jika ditangkap dari samping

Pukulan siku menjadi jenis pukulan yang paling berbahaya dari semua jenis teknik bela diri. Pukul pelipis, rahang, atau hidung penjahat dengan gerakan melengkung. Setelah itu, penjahat akan mundur beberapa langkah. Sekarang pukul penjahat di perut atau dadanya dengan siku.

7. Jika Anda terhimpit di tembok

Dalam situasi ini, yang perlu Anda ingat adalah daerah yang paling rentan dari penjahat.

Jika kedua tangan penjahat terangkat, luruskan tangan Anda dan pukul penjahat di bagian ketiak.
Jika salah satu lengannya terjatuh sedangkan tangannya lain menghimpit Anda, Anda memiliki kesempatan untuk memukul dada, leher, atau rahang.
Yang paling efektif adalah memukulnya dengan kepala Anda. Caranya, jongkok sedikit lebih rendah dari penjahat. Lalu dengan cepat Anda melompat dan memukulnya di bagian rahang dengan dahi Anda.