12 Jam Sehari Asian Games Akan Disiarkan Langsung di Tiongkok

Republik Rakyat Tiongkok antusias menyambut perhelatan Asian Games 2018. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Tiongkok berencana menyiarkan secara langsung Asian Games.

“Jadi dia ingin live (siaran langsung) selama 12 jam (dalam sehari),” kata Kalla di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin, 27 November 2017.

Kalla menjelaskan hingga saat ini 300 wartawan dan tenaga teknis asal Tiongkok telah mendaftar untuk meliput Asian Games 2018. Bahkan, pemerintah Tiongkok meminta lahan 1000 meter untuk mewadahi wartawan mereka di Jakarta Convention Center selama acara berlangasung.

“Terbesar dari semua negara minta fasilitas,” kata Kalla.

Kalla memahami karena Tiongkok punya perhatian besar terhadap kompetisi olahraga. Dalam beberapa tahun terakhir Tiongkok juga kerap juara pada beberapa kompetisi olahraga internasional.

“Nanti juara umumnya bisa China, kalau melihat seperti itu. Dulu kan Jepang, sekarang China di mana-mana,” kata Kalla sembari tertawa.

Indonesia akan menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games 2018. Jakarta dan Palembang menjadi lokasi digelarnya kompetisi ke-18 olahraga tingkat Asia itu.